Selamt Sore sahabat Modif Abis, untuk apa kita buang-buang dana ke bengkel cat Motor hnya untuk mengect motor, kita Juga Bisa loh. maka dari itu kita bisa belajar Pandun-Panduanya Di Modif Abis.
Sebenernya kalo Kalian Tahu Bahwa Perawatan Body Itu lebih MAHAL dari pada perawatan mesin.
he he he kalo ga percaya agan baretin aja bodi agan terus bawa ke bengkel cat terdekat agan, saya jamin harga ongkos mengecat agan psti akan mahal. maka dari itu cat ga usah harus ke bengkel ayo kita lets go cari tahu cara cet velg motor
Sesuai harapan saya kemarin, hari ini cuaca cukup cerah untuk bermain-main dengan cat. Saya berencana merubah warna velg dari hitam menjadi putih
Langsung saja saya meluncur untuk belanja cat, clear coat dan thinner.
Sengaja saya beli yang murah, karena sesuai tema (budget minimalis)
Kemudian bongkar gudang dan mempersiapkan peralatannya,
Dan dimulailah operasi mutilasinya
Pertama-tama melepas knalpot. dengan modal kunci 12, dua mur dan dua baut terlepas dengan mudah
Setelah knalpot lepas, dilanjutkan dengan melepas roda belakang. Tapi dasar nasib kurang beruntung, baut as roda belakang ukuran 22′ sementara kunci pas saya cuma 21′ dan 24′ :mrgreen:
Tapi kemudian saya ingat, bahwa as roda belakang Pulsar juga berukuran yang sama. Dan kunci/tools bawaan Pulsar ada yang berukuran 22′
Sekali lagi saya tidak beruntung, ukuran kunci memang sudah pas, akan tetapi lengannya kurang panjang
Saya sudah mencoba sekuat tenaga sampai terkentut-kentut baut as roda belakang tidak bergerak sedikitpun. akhirnya dengan keringat bercucuran saya menyatakan menyerah tanpa syarat! (tunggu balasanku kalo udah punya kunci 22′ yang panjang)
Akhirnya saya beralih ke roda depan, kalau untuk roda depan sangat mudah membukanya. dengan modal kunci 17′ dan 14′ sebagai penahannya akhirnya as roda depan sukses terlepas
Setelah lepas saya memulai proses painting velg depan saya.
Pertama kali yang saya lakukan adalah menggosok cat asli dengan amplas halus. digosok hanya sampai terbentuk permukaan cat asli menjadu agak kasar (agar cat putih nya menempel), sengaja saya tidak memakai cat dasar/epoxy karena terlalu ribet.
setelah digosok rata kemudian dibersihkan dengan air lalu dikeringkan menggunakan kanebo/ plaschamois biar cepet kering. Selanjutnya angin ban dikosongkan agar ban mudah di tutup kertas.
Setelah selesai menutup kertas pada ban, langsung membuat campuran cat putih dengan thinner. tidak pakai rumusan yang ribet, kira-kira 1:3 saja biar enak, kemudian diaduk sampai larut merata. Tuang ke gun spray dan langsung crooootttt!!!!
Tutup muka bukan karena “ngeces” tapi melindungi nafas dari uap thinner
Setelah cat putih selesai, kemudian dijemur sebentar di terik matahari agar sedikit kering. Dan akhirnya dilanjutkan finishing menggunakan cat clear biar kinclongsetelah dijemur sampai sore, dengan hati-hati mulai melepas kertas penutup ban, kemudian membersihkan ban yang terkena cat menggunakan bensin. setelah bersih, dengan super hati-hati dipasanglah ban depan dengan cat yang belum kering sempurna ini.
Dan berikut ini hasilnya…. bannya jadi belang
Dengan budget minimalis hasilnya lumayan mendongkrak tampilan si putih
Demikian cerita saya hari ini, biarpun hasilnya baru setengah (roda depan saja) dan menjadikan belang tapi cukuplah untuk mengisi kegiatan akhir pekan saya. (tinggal pegel-pegelnya saja)
Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama.
Emoticon Emoticon