Cara Agar Interior Mobil tetap Mulus

diambil dari modifabis.blogspot.com


Tips Modifikasi Jok dan Interior Mobil - Setiap orang mempunyai standar kenyamanannya sendiri dalam mengendarai sebuah mobil, termasuk yang berkaitan dengan masalah jok dan interior mobilnya. Menurut survey sebuah majalah otomotif menyatakan bahwa 75% orang yang membeli mobil baru cenderung langsung melakukan modifikasi jok mobilnya. Hal ini dilakukan selain untuk memberikan suasana yang berbeda sesuai dengan karakter sang pemiliknya, juga bisa bermanfaat untuk melindungi material jok orsinil agar tetap awet dan bersih. 



Jok merupakan bagian utama dalam interior mobil, oleh karena itu proses modifikasi interior mobil sering dimulai dari bagian ini, keduanya harus benar-benar disesuaikan agar menghasilkan kombinasi yang menarik di dalam kabin sehingga tujuan dari proses modifikasi itu dapat tercapai sesuai dengan keinginan sang pemilik mobil. Biasanya para pemilik mobil selalu menginginkan jok yang nyaman diduduki selama perjalanan dengan penampilan yang menarik untuk menghias interior mobil mereka, sehingga mereka betah jika harus berlama-lama di dalam mobil.
 
Yang pertama harus diperhatikan dalam memodifikasi jok mobil adalah pemilihan bahan atau material yang akan mengganti jok tersebut ataupun hanya untuk menambahkan variasi seperti membungkus jok yang lama. Pengetahuan mengenai jenis-jenis bahan yang sering digunakan dalam melakukan modifikasi jok penting anda ketahui sebelum memilihnya. Ada dua jenis bahan yang sering  digunakan dalam kegiatan ini yaitu kulit asli dan kulit sintetik/imitasi yang masing masing memiki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kulit asli memiliki tekstur yang lebih lembut, dan adem yang bisa memberikan kenyamanan kepada para penumpangnya. Kulit asli juga cukup tahan lama sehingga tidak heran harganya pun tentunya lebih mahal dibandingkan dengan kulit imitasi/sintetik. Biasanya bahan ini terbuat dari kulit sapi seperti bahan yang digunakan pada sebuah jaket kulit, bahan ini juga memerlukan biaya perawatan yang cukuyp lumayan untuk menjaga agar kulit tersebut tetap bersih dan lentur. Nah yang kedua adalah bahan kulit sintetik/imitasi, bahan ini bisa didapat dengan harga murah, penampilannya pun tidak kalah menarik dengan bahan kulit asli, warna dan tekstur yang tersedia lebih bervariasi karena bahan ini diproduksi dengan mesin-mesin canggih. Namun dari segi kualitas bahan ini jauh dibawah kulit asli karena serat-seratnya sangat berbeda dengan kulit asli.  
Setelah mengetahui jenis-jenis bahan yang akan digunakan dalam memodifikasi jok mobil anda, selanjutnya anda perlu menentukan apakah anda akan merubah atau menambah bentuk jok mobil anda, atau hanya melakukan penggantian sarung jok mobil saja. Kemudian tentukan pula konsep yang ingin anda terapkan pada modifikasi interior mobil anda, misalnya konsep elegan, sporty, klasik dll. Ini semua tergantung hobi, selera dan kondisi keuangan anda. Yang nantinya akan mempengaruhi beberapa faktor seperti warna dan aksesoris yang dipilih untuk mendandani interior mobil anda.  

Setelah proses modifikasi jok mobil selesai, kemudian berlanjut ke bagian interior lainnya seperti plafond dan door trim, apakah akan dibiarkan aslinya atau disesuaikan dengan jok yang sudah dimodifikasi tadi. Bagian karpet dasar juga bisa disesuaikan dengan pemilihan floor mat dari bahan dan model yang cocok dengan konsep modifikasi mobil anda. Dan yang terakhir dari proses modifikasi interior mobil yaitu modifikasi audio video sebagai sarana hiburan di dalam mobil anda. Dengan perkembangan teknologi komputer yang semakin canggih sekarang banyak sekali perangkat yang bisa menghadirkan hiburan baik audio maupun video berkelas tinggi di dalam mobil. Mulai dari pemilihan head unitpower amplifier, monitor, sampai jenis speaker yang untuk keperluan suara dengan nada rendah, sedang maupun tinggi. 

Proses modifikasi interior mobil ini harus dilakukan secara hati-hati, karena bila tidak bisa jadi malah menggangu fungsi utama dari bagian mobil yang dimodifikasi tersebut. Oleh karena itu kami sarankan anda menghubungi orang-arang (modifikator) yang sudah ahli dan berpengalaman di bidangnya, untuk melakukan konsultasi dan pengerjaan modifikasi interior mobil seperti yang anda inginkan.


Emoticon Emoticon